Rabu, 01 Januari 2014

Tanaman Obat Keluarga & Khasiatnya 1: Kencur

Banyak bahan-bahan disekitar kita yg bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural / herbal . Berikut secara bersambung saya akan menulis tanaman obat tradisional  dari bahan yang ada di sekitar kita : bumbu dapur dan tanaman hias : kencur, kunyit, jahe, bunga tapak dara, bunga melati, bunga tai kotok dan masih banyak yg bisa dijadikan obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman Kencur – Kaempferia galanga

Kali pertama saya bahas tentang tanaman kencur.
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya di masing2 daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa atau cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).
Saya suka tanaman ini dan menanamnya di halaman maupun pot sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai tanaman hias.  Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalo gak ada halaman tanam aja di pot.
Kencur gak perlu perawatan ekstra.  Cukup menanam rimpang / rhizomenya ke dalam tanah di tempat terbuka, jangan terlalu basah. Tanah dengan air yg tergenang tdk disukai kencur.  Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya di musim hujan.
Selain untuk bumbu masakan spt urap, karedok, dan banyak lagi, kencur bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit-penyakit  berikut ini

2 komentar: